Tuesday, January 14, 2014

Khasiat Nyata Daun Sirih Untuk Pengobatan

Khasiat Daun Sirih. Banyak sekali manfaat dan khasiat dari daun sirih ini, tapi sebelum ke pokok utamanya, alangkah baiknya kita cari tau apa saja yang terkandung dari daun sirh ini untuk menambah pengetahuan kita.

Daun sirih ternyata terbagi menjadi tiga macam, ada daun sirh hijau, daun sirih merah, dan daun sirih hitam. Tetapi yang paling populer di masyarakat adalah daun sirih merah, meskipun begitu, tidak kalah juga manfaatnya untuk daun sirih hijau dan daun sirih hitam.

Daun Sirih Hijau

Khasiat Nyata Daun Sirih Untuk Pengobatan

Daun sirih hijau biasanya tumbuh di daerah hutan, tapi seiring berkembangnya pengetahuan banyak orang yang mengetahui manfaat dari daun sirih hijau ini, daun sirih hijau ini sudah mulai dibudidaya sendiri baik itu di pekarangan rumah atau di pinggir pinggir kebun, alhasil bilamana diperlukan, tidak akan terlalu sulit untuk mencarinya.

Kandungan apa saja yang tersimpan di dalamnya? beberapa zat yang terkandung di dalamnya antara lain fenil propana, kavicol, estragol hidroksikavicol, caryophyllene, kavibetol, allylpyrokatekol, minyak atsiri, cyneole, tanin, cadinene, diastase, terpennena, pati, gula, dan seskuiterpena. Semua zat-zat tersebut sangat berguna dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Lantas, apa saja khasiat daun sirih hijau ini?.
  1. Dapat mengurangi nyeri pada gusi atau gusi bengkak dan dapat di jadikan Obat Sakit Gigi, cara menggunakannya pun sangat mudah ambil daun sirih tiga sampai lima lembar rebus daun sirh tersebut menggunakan air mendidih sebanyak satu gelas, setelah air nya hangat kumurkan pada gigi atau gusi yang sakit tadi, atau bisa langsung mengkonsumsinya, yaitu ambil daun sirih satu lembar, cuci bersih kemudian dikunyah.
  2. Bisa juga untuk membasmi hama yang menyerang pada tanaman, atau kutu yang menyerang pada hewan peliharaan seperti burung. Caranya pun sangat mudah, tinggal semprotkan air rebusan daun sirih.
  3. Dapat juga menghilangkan bau mulut. Dengan secara rutin berkumur menggunakan air rebusan daun sirih.
  4. Untuk yang terkena sariawan, tinggal kunyah daun sirih atau dengan cara meminum air rebusan daun sirih.
  5. Dijadikan Obat Asma
  6. Dapat menghilangkan bau badan, dengan cara meminum air rebusan daun sirih
  7. Untuk membersihkan mata
  8. Untuk yang terkena luka bakar, tinggal ambil daun sirih panaskan sampai layu terus tempelkan pada bagian yang terkena luka bakar.

Itulah beberapa khasiat nyata dari daun sirih yang semakin gampang untuk kita temui dan bisa digunakan untuk berbagai pengobatan secara alami.

Khasiat Nyata Daun Sirih Untuk Pengobatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 comments:

  1. website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

    ReplyDelete
  2. Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

    ReplyDelete