Wednesday, May 25, 2016

Resep Ramuan Obat Alami Masuk Angin


Resep Ramuan Obat Alami Masuk Angin – Penyebab masuk angin biasanya melakukan perjalanan dengan jarak tempu jauh dan waktu lama. Selain itu telat makan, kurang tidur, terkena angin malam dan cuaca yang tidak menentu akibat pemanasan global, juga dapat menyebabkan tubuh anda kemasukan angin. 


Resep Ramuan Obat Alami Masuk Angin

Dalam dunia medis sebenarnya tidak mengenal istilah "masuk angin", pusing, nyeri otot, dan  perut kembung. Hal ini dikarenakan gejala penyakit lain. Masuk angin merupakan gejala umum yang sering terjadi pada semua orang. Biasanya gejala masuk angin seperti kepala pusing, keringat dingin dan perut kembung, dibarengi dengan rasa mual dan ingin muntah.

Cara pengobatan masuk angin cukup mudah, anda tinggal pergi ke apotek atau warung dengan membeli tolak angin atau obat lain. Kemudian tubuh anda dikerok pada bagian punggung. Perlu diketahui pengerokkan dapat memperbesar  pori-pori kulit anda dan ini tidak baik, justru kedepan akan lebih rentan terkena masuk angin. Akan tetapi jika anda angin mencoba ramuan obat alami dalam mengatasi masuk angin. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Resep Ramuan Obat Alami Masuk Angin

1.  Resep Ramuan Pertama

Bahan yang digunakan ialah 5 buah cabai jawa, 25 gram temulawak, 10 gram kulit jeruk purut , dan 10 gram daun mint. Kemudian semua bahan tersebut direbus dengan air sekitar 600 ml dan sisakan 300 ml air. Saringlah ramuan itu setelah mendidih. Minum dalam keadaan hangat setiap 2 kali sehar.

2. Resep Ramuan Kedua

Bahan yang harus disediakan ialah satu rimpang kencur dan garam. Cara membuat ramuan, yaitu kupas kencur dari kulitnya untuk dicuci hingga bersih.  kencur tersebut dapat langsung dikonsumsi dengan menambahkan sedikit garam. Minumlah air putih untuk menyegarkan kembali mulut. Dapat dilakukan sehari 2 kali.

3. Resep Ramuan Ketiga

Resep yang menggunakan bahan jahe ini sangat manjur. Sediakan 15 gram jahe, 25 gram kencur, dan 3 butir kapulaga. Gunakan 400 cc air dalam merebus. Bersihkan semua bahan, lalu rebus hingga mendidih untuk diambil air menjadi setengahnya. Kemudian air yang telah direbus tadi diminum selagi masih hangat. Sebaiknya konsumsi secara teratur setiap 2 kali dalam sehari. 

4. Resep Ramuan Keempat

Sekilas tentang tumbuhan lempuyang, jenis tanaman ini dapat dengan mudah dicari dalam sekitaran anda, karena lempuyang tersebut tumbuh liar di pekarangan. Lempuyang dari dulu merupakan jamu atau obat tradisional dengan nama latin Zingiber spp., Z. aromaticum (lempuyang yang wangi), Z. amaricans (lempuyang pahit). Bahan yang perlu dipersiapkan adalah berupa 25 gram yang telah diiris halus, 25 gram bangle, 5 gram pala ditumbuk halus dan sesendok lada halus   lempuyangAmbil 25 gram lempuyang yang telah diiris-iris, 25 gram bangle, 5 gram pala yg telah ditumbuk halus, dan 1 sendok teh lada yang telah ditumuk halus. Semua bahan direbus dengan air sekitar 600 cc sampai tersisa 300 cc. Minumlah ketika hangat dengan 2 kali sehari.

Semoga dapat bermanfaat dari resep ramuan obat masuk angintradisional tersebut sehingga dapat melestarikan berbagai tanaman obat Indonesia.

Resep Ramuan Obat Alami Masuk Angin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment