Tuesday, January 5, 2016

Cara Alami Terbaik Untuk Mengatasi Insomnia

Cara Alami Mengatasi Insomnia – Masalah insomnia sering terjadi di malam hari penyebabnya hanyalah susah tidur. Gejala umum dari insomnia ini ialah sering merasa cemas, lelah, malas, susah tidur dalam jangka waktu yang lama akibatnya sering terbangun pada malam hari, sakit kepala di pagi hari dan sulit untuk berkonsentrasi.

Cara Alami Terbaik Untuk Mengatasi Insomnia


Insomnia secara umum terjadi akibat stres dan pola hidup yang tidak baik. Apabila anda mengalami insomnia yang  sudah berkepanjangan, tentu itu akan berbahaya dan berakibat buruk bagi anda. Untuk itu, penyakit insomnia harus segera diatasi. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menunjang susah tidur anda, di bawah ini ada beberapa bahan alami yang bisa menjadi alternatif.

Cara Alami Mengatasi Insomnia

1.Biji Adas
Tanaman Adas (Foeniculum vulgare Miller) salah satu bumbu masak juga berfungsi sebagai obat herbal. Buah pala yang berfungsi sebagai zat antivirus, antijamur, antioksidan dan antibakteri yang mengandungg senyawa flavonoid dan stimasterol yang dapat memberikan efek penenangan jiwa pada bagian jaringan saraf.  Selain itu biji adas tersebut mengandung minyak yang dapat dengan mudah menguap menjadi anetol. Caranya dengan merebus  2 gram biji adas selama 15 menit dala air sebanyak 250 ml. Saring dan dinginkan sebelum diminum. Konsumsi dalam 3 kali sehari.

2. Teh Pala
Pala salah satu tanaman rempah berkhasiat menangani berbagai macam penyakit. Buah pala yang terkenal sudah mendunia, bahkan orang Eropa juga memanfaatkan buah pala sebaagai campuran penghangat badan. Sejak ratusan tahun silam buah pala tersebut sudah dipercaya mengatasi insomnia atau susah tidur. Tanaman obat  yang bernama latin Myristica fragrans houtt banyak mengandung elemisin, safrile dan miritisin yang memabukan sehingga senyawa  tersebut memberi khasiat  sebagai perangsang tidur  dengan dosis  kurang dari 5 gram.  Hindari pemakaian bunga pala yang berlebihan, karena dapat membahayakan tubuh.

3. Daun Putri Malu
Putri malu atau Mimosa pudica  dalam nama latinnya yang tergolong suku polong-polongan. Daun yang terkenal dengan ciri khas daun-daunnya dapat menutup  atau layu saat disentuh secara cepat dan dengan sendirinya. Daun putri malu bermanfaat sebagai penenang dalam terapi insomnia. Selain itu juga untuk anti implantasi, zat antiradang dan menurunkan darah tinggi. Cara pengobatanya yang dilakukan yaitu  merebus daun putri malu sebanyak 30-60 gram dan ambil airnya untuk diminum.  Sebaiknya jangan mengonsumsi daun putri malu dalam jumlah berlebih, sebab dapat mengakibatkan keracunan dan muntah-muntah.

4. Daun Kangkung
Bersihkan daun kangkung dari bagian bawah batangnya, dua genggam dau seledri dan biji pala secukupnya. Kemudian rebus menggunakan 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih. Sisakan satu gelas dari air yang sudah dididihkan. Dapat pula ditambahkan dengan satu sendok madu asli, supaya terasa lebih manis. Minumlah resep ramuan ini setelah makan malam dan sebelum tidur.

5. Telur
Kuning telur mengandung senyawa lecithin yang dapat bermanfaat dalam sistem saraf. Selain itu lechitin tersebut juga membantu tubuh agar cepat membuat tidur pada penderita insomnia atau susah tidur. Tips mengobatinya adalah makanlah 1 buah telur dua jam sebelum tidur.

Itulah cara alami untuk menghilangkan insomnia. Semoga dapat menjadi pedoman dalam mengatasi gejala susah tidur anda.

Cara Alami Terbaik Untuk Mengatasi Insomnia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment